Cara mengetahui kerusakan pada kaki-kaki mobil

24 November 2016

Cara mengetahui kerusakan pada kaki-kaki mobil

Terdapat cara mudah untuk mengetahui kerusakan pada komponen kaki-kaki. Perangkat yang Anda butuhkan hanyalah dongkrak dan kedua tangan. 

- Pemeriksaan tie rod 
Setelah roda terangkat, coba pegang bagian kiri dan kanan ban. Kemudian goyangkan dengan menekan dan menariknya. Apabila terdengar bunyi seperti besi beradu atau terasa longgar, ada kemungkinan tie rod Anda bermasalah. 
Cara mengetahui kerusakan pada kaki-kaki mobil
- Pemeriksaan ball joint 
Sama seperti tie rod, pengecekan dilakukan dengan menggoyangkan ban. Hanya saja posisi tangan kali ini berada di bagian atas dan bawah ban. Apabila terasa longgar, kemungkinan sudah waktunya ball joint Anda diganti. 
- Pemeriksaan bearing 
Untuk pengecekan bearing roda, Anda cukup memutar ban searah jarum jam. Lakukan sambil memegang per, apabila terasa getaran atau terdengar suara berderit, ada kemungkinan bearing sudah aus atau kering. 
Cara mengetahui kerusakan pada kaki-kaki mobil
- Pemeriksaan karet bushing arm 
Seiring waktu karet bushing arm bisa menjadi getas atau tak fleksibel. Untuk memeriksanya, coba turunkan mobil dari dongkrak, kemudian tekan seolah mensimulasikan mobil sedang melewati jalan berlubang. Apabila terdengar suara berderit, dipastikan karet perlu diganti.
- Pemeriksaan Shockbreaker Hal paling mudah yaitu melihat apakah terdapat rembesan oli pada shockbreaker. Jika ada, Anda perlu mengganti atau melakukan perbaikan pada shockbreaker. Cara lain adalah dengan menekan mobil, shockbreaker rusak akan menyebabkan mobil bergoyang naik turun secara berlebihan.

Blog, Updated at: 11/24/2016 09:31:00 am
Di posting oleh Yadie
Suzuki Balikpapan Updated pada : 11/24/2016 09:31:00 am

0 komentar:

Tulis Komentar

loading...

Cari

, , ,

Informasi Lebih Lanjut

Profil Suzuki Balikpapan

HUBUNGI :

Servis

Artikel terpopuler :

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *