Ada suatu pepatah dalam bahasa Inggris yang mengatakan “classics are forever“,
mungkin jika diartikan secara sederhana: bahwa suatu hal yang memiliki
nilai klasik pada desain, fungsi, dan beberapa hal lainnya akan diingat,
atau bahkan tidak lekang dimakan zaman. Pepatah ini pun menurut
kami berlaku di dalam dunia otomotif. Mobil-mobil klasik akan selalu
memiliki penggemar dan akan selalu dilirik, entah dari segi desain,
mesin, atau mungkin teknologinya yang kuno.
Hal ini bisa dibuktikan lewat mobil baru yang diproduksi oleh Suzuki:
Ignis. Pabrikan Suzuki baru-baru ini mengungkapkan rancang bangun
desain Ignis yang terinspirasi dari empat model mobil. Nah,
salah satu yang menginspirasi Ignis adalah detail bagian desain dari
mobil lawas keluaran Suzuki, yaitu Suzuki Fronte Coupe kelahiran tahun
1971. Lalu, mobil lain apa lagi yang mempengaruhi desain Suzuki Ignis
ini? Berikut beberapa detail desain Suzuki Ignis yang diambil dari
beberapa model lain kendaraan Suzuki.
Dipengaruhi Empat Mobil
Suzuki Fronte Coupe 1971 menyumbang desain pilar C yang terdapat pada Suzuki Ignis. Suzuki Fronte ini adalah mobil mini sport pertama
milik Suzuki. Mobil ini dirancang oleh seorang desainer asal Italia
yang bernama Giorgetto Giugiaro, yang juga merancang desain beberapa
model Suzuki yang lainnya.
desain pilar C yang mirip dengan Suzuki Fronte Coupe 1971
Penempatan unit proyektor lampu dari Ignis berada sejajar dengan
kisi-kisi yang idenya sama dengan lampu depan generasi pertama Suzuki
Cervo. Seperti Suzuki Fronte Coupe, mobil mini sport diluncurkan di
Jepang pada Oktober 1977 ini juga dirancang oleh Giorgetto Giugiaro.
desain penempatan headlamp yang mirip dengan Suzuki Cervo 1977
Selain mengadaptasi desain-desain lawas, suzuki juga mengatakan bahwa
inspirasi di balik desain pilar Suzuki Ignis berasal dari model
Suzuki Swift, yang diperkenalkan di India pada Mei 2005.
desain pilar yang terinspirasi dari Suzuki Swift 2005
Kembali ke desain lawas lagi, Suzuki Vitara generasi pertama juga menyumbang desain bentuk kap clamshell dan fender garnish Ignis. Vitara generasi pertama ini diluncurkan di Jepang pada tahun 1988.
Vitara 1988 menyumbang desain kap mesin
Nah, terbukti kan bahwa desain klasik pun sebenarnya bisa
diaplikasikan di mobil-mobil masa kini? Karena memang desain klasik
biasanya ‘awet’ dan tidak lekang dimakan zaman.
0 komentar:
Tulis Komentar