Syarat Ketat Untuk DP Nol Persen Kredit Kendaraan

25 August 2016

ignis balikpapan

Suzuki Balikpapan | Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) optimis target penjualan tahun 2016 sebanyak 1.050.000 unit dapat tercapai.
Selain pameran yang membantu menumbuhkan gairah penjualan, beberapa strategi yang ditetapkan pelaku industri. Sebut saja suku bunga yang lebih menantang, down payment (DP) yang lebih rendah, produk baru dengan harga kompetitif mampu membantu raihan angka penjualan hingga akhir tahun.

Bicara mengenai DP yang lebih rendah, rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan membuat DP nol persen untuk kredit kendaraan bermotor perlu didukung untuk kemajuan industri otomotif namun dengan catatan tertentu.

Para pelaku industri otomotif sudah bicara kepada perusahaan multifinance bahwa rencana DP nol persen ini diberikan pada konsumen yang sudah diseleksi ketat oleh perusahaan pembiayaan.

Jika sampai penerapan rencana DP nol persen ini bisa terealisasi, konsumen akan mendapatkan keuntungan. Konsumen harus membayar cicilan lebih besar namun dari sisi cash flow akan relatif lebih ringan. Pada akhirnya ini yang akan membuat industri tumbuh.

Namun rencana ini jika tidak dibarengi dengan pemilihan konsumen yang ketat akan berbalik membahayakan industri otomotif dan perusahaan nantinya.

Bisa terjadi hal ini, bayangkan konsumen yang menggunakan DP nol persen beli mobil atau motor hanya kuat bayar dua tiga bulan lantas kreditnya macet. Ini yang membahayakan industri otomotif maka harus dipilih betul konsumennya.

OJK awalnya berwacana menurunkan DP kendaraan dari 15-20 persen menjadi 0 persen. Namun, penurunan itu hanya berlaku untuk multifinance yang mencatat rasio kredit macet atau non performing financing (NPF) di bawah 1 persen.

Blog, Updated at: 8/25/2016 01:41:00 pm
Di posting oleh Yadie
Suzuki Balikpapan Updated pada : 8/25/2016 01:41:00 pm

0 komentar:

Tulis Komentar

loading...

Cari

, , ,

Informasi Lebih Lanjut

Profil Suzuki Balikpapan

HUBUNGI :

Servis

Artikel terpopuler :

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *