Setel Kopling Mobil Ternyata Tak Sulit, Ini Caranya

9 September 2016

Setel Kopling
Suzuki Balikpapan | Mengendarai mobil dengan kopling manual di jalanan perkotaan, tentu bukan perkara mudah. Sebab, saat terjebak di tengah kemacetan, tentu Anda harus bekerja keras berulang-ulang menginjak kopling, terlebih jika kopling mobil Anda terasa keras. 
 
Cara menyetel kopling mobil manual sebenarnya tak sesulit yang dibayangkan. Hal terpenting yang harus diingat, Anda harus menyesuaikan jarak pedal kopling dengan selera Anda. Untuk beberapa jenis mobil seperti Suzuki Ertiga, dapat dilakukan dengan memutar baut penyetel.

Setelah membuka kap mesin, cari tuas pengungkit pelat kopling dan ujung kabel kopling. Lalu, Anda dapat menyetel dengan memutar baut. Untuk memudahkan, angkat mur penyetel kabel kopling, sehingga dapat terbebas dari karet penahan.

Lakukan secara bertahap dengan sedikit putaran, lalu coba pedal kopling di injak dan memasukkan ke gigi 1 dengan kondisi mesin menyala dan coba diangkat apakah sudah nyaman. Bila belum, lakukan pemutaran mur ke arah yang sesuai hingga tercapai ketinggian pedal kopling yang diinginkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyetel ketinggian pedal kopling. Jangan menyetel kopling terlalu rendah, karena nantinya saat oper gigi justru terasa lebih keras.

Tapi jangan juga terlalu tinggi menyetel kopling, karena hal itu dapat memicu kopling selip, sehingga menjadi cepat aus dan panas yang ujung-ujungnya justru akan membuat kendaraan Anda lebih boros bahan bakar.

Blog, Updated at: 9/09/2016 09:59:00 am
Di posting oleh Yadie
Suzuki Balikpapan Updated pada : 9/09/2016 09:59:00 am

2 komentar:

  1. Bisa diberi video nya ?
    Cara setel kopling. Kalau bisa kirim ke gosenta@yahoo.com.sg
    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Bagaimana cara nyetel kopling mobil ertiga new

    ReplyDelete

loading...

Cari

, , ,

Informasi Lebih Lanjut

Profil Suzuki Balikpapan

HUBUNGI :

Servis

Artikel terpopuler :

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *